Karakteristik Silinder PNEUMATIC SYSTEM

Karakteristik penampilan silinder dapat ditentukan secara teori atau dengan data-data dari pabriknya. Kedua metode ini dapat dilaksanakan, tetapi biasanya untuk pelaksanaan dan penggunaan tertentu, data-data dari pabriknya adalah lebih menyakinkan

Gaya Piston
Gaya piston yang dihasilkan oleh silinder bergantung pada tekanan udara, diameter silinder dan tahanan gesekan dari komponen perapat. Gaya piston secara teoritis dihitung menurut rumus berikut :

Untuk silinder kerja tunggal :
Untuk silinder kerja ganda :
• langkah maju
• langkah mundur
Keterangan :
F = Gaya piston  ( N )
f = Gaya pegas  ( N )
D = Diameter piston ( m )
d = Diameter batang piston ( m )
A = Luas penampang piston yang dipakai (m )
p = Tekanan kerja  ( Pa )

Pada silinder kerja tunggal, gaya piston silinder kembali lebih kecil daripada gaya piston silinder maju karena pada saat kembali digerakkan oleh pegas . Sedangkan pada silinder kerja ganda, gaya piston silinder kembali lebih kecil daripada silinder maju karena adanya diameter batang piston akan mengurangi luas penampang piston. Sekitar 3 - 10 % adalah tahanan  gesekan. Berikut ini adalah gaya piston silinder dari berbagai ukuran pada tekanan 1 - 10 bar.


Silinder pneumatik tahan terhadap beban lebih. Silinder pneumatik dapat dibebani lebih besar dari kapasitasnya. Beban yang tinggi menyebabkan silinder diam.

Kebutuhan Udara
Untuk menyiapan udara dan untuk mengetahui biaya pengadaan energi,terlebih dahulu harus diketahui konsumsi udara pada sistem. Pada tekanan kerja, diameter piston dan langkah tertentu, konsumsi udara dihitung sebagai berikut :
Untuk mempermudah dan mempercepat dalam menentukan kebutuhan udara, tabel di bawah ini menunjukkan kebutuhan udara persentimeter langkah piston untuk berbagai macam tekanan dan diameter piston silinder.

Tabel : Kebutuhan udara silinder pneumatik  persentimeter langkah dengan fungsi
tekanan kerja dan diameter piston.


Kebutuhan udara dihitung dengan satuan liter/menit (l/min) sesuai dengan standar kapasitas kompresor. Kebutuhan udara silinder sebagai berikut :
Keterangan :
Q = kebutuhan udara silinder   ( l/min )
q = kebutuhan udara persentimeter langkah piston
s = panjang langkah piston  ( cm )
n = jumlah siklus kerja per menit

Kecepatan Piston 
Kecepatan piston rata-rata dari silinder standar berkisar antara 0,1-1,5 m/s  (6 - 90 m/min). Silinder khusus dapat mencapai kecepatan 10 m/s. Kecepatan silinder pneumatik tergantung :

• beban  ( gaya yang melawan silinder ),
• tekanan kerja,
Silinder kerja tunggal  : Q = s . n . q    dalam  l/min
Silinder kerja Ganda : Q = 2 ⋅(  s ⋅ n ⋅ q  )  dalam  l/min
• diameter dalam dan panjang saluran antara silinder dan katup kontrol arah,
• ukuran katup kontrol arah yang digunakan.

Kecepatan piston dapat diatur dengan katup pengontrol aliran  dan dapat ditingkatkan dengan katup pembuang cepat  yang dipasang pada sistem kontrol tersebut.  Kecepatan rata-rata piston tergantung dari gaya luar yang melawan piston (beban) dan ukuran lubang aliran dapat dilihat seperti pada tabel berikut :
Langkah Piston 
Langkah silinder pneumatik tidak boleh lebih dari 2 m,  sedangkan untuk silinder rodless jangan lebih dari 10 m. Akibat langkah yang panjang, tekanan mekanik batang piston dan bantalan menjadi terlalu besar. Untuk menghindari bahaya tekanan, diameter batang piston pada langkah yang panjang harus sedikit lebih besar.

Related : Karakteristik Silinder PNEUMATIC SYSTEM

0 Komentar untuk "Karakteristik Silinder PNEUMATIC SYSTEM"