PERINTAH EDIT GAMBAR AutoCAD

Gambar :. Toolbar Modify
  • ERASE
Erase adalah perintah untuk menghapus satu atau sekumpulan obyek yang telah dibuat.
  •  COPY
Copy  adalah  perintah  untuk  memperbanyak  obyek  atau  menyalin  satu  /
sekumpulan obyek.
  • MIRROR
Mirror adalah perintah untuk mencerminkan satu atau sekumpulan obyek, yaitu  membuat  obyek baru  yang  sama  dengan  obyek  yang dipilih  tetapi posisinya terbalik. Cara pembuatanya adalah dengan membuat dua titik di layar sebagai sumbunya ( cermin ). Posisi obyek baru tergantung dari posisi cermin tersebut.
  • OFFSET
Offset adalah perintah untuk menyalin obyek secara pararel. Selain bisa dimasukkan  langsung  jarak offsetnya,  bisa  juga  dilakukan  dengan  cara menunjuk langsung di layar.
  • ARRAY
Array adalah perintah untuk menyalin atau memperbanyak secara  massal dengan pola atau susunan yang teratur. Adapun Array ada dua jenis, yaitu Array Rectangular ( pola grid ) dan Array Polar ( pola melingkar ).
  • MOVE
Move adalah perintah  untuk memindahkan suatu obyek  atau  sekumpulan obyek dari suatu tempat ketempat yang lain.
  • ROTATE
Rotate adalah perintah untuk memutar satu atau sekumpulan obyek dengan cara menentukan titik acuan ( base point ) sebagai sumbu putar, sedangkan sudut puternya bisa ditentukan dengan memasukkan angka melalui keyboard atau diklik langsung di layar.
  • SCALE
Scale adalah perintah untuk mengubah ukuran satu atau sekumpulan obyek (memperbesar maupun memperkecil) secara beraturan, dengan cara menentukan faktor skala. Apabila skala lebih besar dari 1 ( satu ), maka obyek akan diperbesar, tetapi apabila kurang dari 1 ( satu ) maka obyek akan diperkecil.
  • STRETCH
Stretch adalah perintah untuk mengubah sebagian dari obyek, baik memperbesar atau memperkecil. Adapun metoda yang digunakan untuk memilih obyek tersebut adalah crossing.
  •  LENGTHEN
Lengthen adalah perintah untuk mengubah panjang garis atau busur. Ada beberapa metoda perubahan panjang, apakah delta panjang, panjang total, persentasi perubahan panjang maupun perubahan panjang secara dinamik.
  • TRIM
Trim adalah perintah untuk memotong obyek dengan menggunakan obyek pembatas.
  •  EXTEND
Extend adalah perintah untuk memperpanjang obyek dengan menggunakan obyek pembatas. Adapun yang dimaksud dengan pembatas tersebut adalah obyek yang memiliki potensi untuk berpotongan dengan obyek yang akan diperpanjang.
  • BREAK
Break adalah perintah untuk memotong obyek tanpa obyek pembatas atau untuk memotong obyek yang berada diantara dua titik yang ditentukan.
  • CHAMFER
Chamfer adalah perintah untuk memangkas sudut atau untuk menghubungkan dua garis dengan garis lurus baru yang mempunyai kemiringan tertentu.
  • FILLET
Fillet  adalah  perintah  untuk  melengkungkan  sudut  atau  untuk menghubungkan ujung-ujung dari dua buah obyek dengan sebuah busur.


FASILITAS OBYEK SNAP ( OSNAP )

Obyek Snap (OSNAP) adalah fasilitas bantu AutoCAD yang berfungsi untuk mengunci obyek pada titik tertentu sehingga kursor akan menangkap titik tersebut. Agar hasil gambar yang dibuat bisa akurat dan sempurna, maka fasilitas ini mutlak dibutuhkan. Osnap terdiri dari dua jenis, yaitu Osnap Sementara dan Osnap Permanen.
Osnap sementara hanya berlaku untuk satu kali tangkapan saja sedangkan Osnap permanen dapat diaktifkan sebelum menggambar, dan akan terus aktif sampai dimatikan kembali.

Gbr :Fasilitas Obyek Snap

Fasilitas :

Endpoint                       : untuk menangkap titik ujung.
Midpoint                       : untuk menangkap titik tengah.
Intersection                  : menangkap titik perpotongan antara dua obyek berpotongan.
Apparent Intersection  : menangkap  titik  perpotongan  dua  obyek  yang tidak ketemu.
Center                           : untuk menangkap titik pusat.
Quadrant                      : menangkap titik kuadran lingkaran, yaitu 0, 90,180 dan 270.
Tangent                        : menangkap titik singgung lingkaran atau busur.
Perpendicular              : menangkap titik yang tegak lurus terhadap garis lingkaran dan busur.
Node                             : untuk menempatkan sesuatu pada titik.
Insert                            : untuk menangkap titik sisip.
Nearest                         : untuk   menangkap   titik   terdekat   dari   sebuah obyek.
None                          : untuk  mematikan  Osnap  yang  sedang  bekerja secara permanen

Related : PERINTAH EDIT GAMBAR AutoCAD

0 Komentar untuk "PERINTAH EDIT GAMBAR AutoCAD"