Sistem Pengapian Motor Bensin

Sistem pengapian berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang kuat dan tepat untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.Secara  umum  komponen sistem  pengapian terdiri  dari  baterai,  kunci kontak, koil, distributor,kabel tegangan tinggi dan busi. Di dalam distributor terdapat  beberapa  komponen  pendukung lainnya  yaitu  kontak pemutus  (atau pulse generator pada sistem pengapian elektronik), kondensor,cam, vakum dan sentrifugal advancer.

Gambar :  Komponen sistem pengapian

Fungsi dari masing-masing komponen system pengapian adalah

  • 1) baterai sebagai  sumber  arus,  
  • 2) kunci kontak untuk menghidupkan dan mematikan system pengapian, 
  • 3) koil untuk menaikan teggangan baterai menjadi tegangan tinggi di atas 10000 volt. Tegangan tinggi pada kumparan sekunder terjadi karena jumlah kumparan sekunder jauh lebih banyak dari kumparan primer, 
  • 5) distributor berfungsi  untuk  mendistribukan  tegangan  tinggi  dari  koil  ke  tiap  busi  sesuai dengan urutan penyalaannya, 
  • 6) kabel tegangan tinggi berfungsi untuk menghantarkan tegangan tinggi dari koil sampai ke busi, 
  • 7) busi berfungsi untuk meloncatkan bunga api.

Gambar :Detail komponen system pengapian

Kontak  pemutus  (platina)  berfungsi untuk  memutuskan  dan menghubungkan arus ke kumparan primer koil. Lamanya arus mengalir ke kumparan primer terjadi selama kontak pemutus tertutup. Sudut yang terbentuk pada cam di mana kontak pemutus dalam keadaan tertutup disebut sudut dwell. Kondensor  berfungsi  untuk  mengurangi  percikan  bungan  api  pada  kontak pemutus akibat adanya induksi diri kumparan pada primer. Cam berfungsi untuk mendorong tumit kontak pemutus sehingga bisa terbuka dan tertutup kembali oleh pegas. Vakum dan sentrifugal advancer berfungsi untuk memajukan atau memundurkan saat pengapian sesuai dengan putaran dan beban mesin. Saat pengapian (ignition timing) pada suatu motor bensin adalah saat di mana busi memercikan  bungan api  dengan  tepat  pada  akhir  langkah  kompresi  untuk memulai pembakaran di dalam ruang bakar.

Gambar :  Diagram pembakaran pada motor bensin

Gamba : Pemajuan saat pengapian

Pembakaran pada motor bensin diawali dengan pecikan bungan api pada busi (titik 1) sekitar 100 menjelang titik mati atas (TMA = TDC) pada akhir langkah kompresi. Pembakaran dimulai pada titik 2 dengan mulai terjadinya perambatan api dan pembakaran maksimum terjadi di sekitar 100 setelah TMA Proses pembakaran di dalam ruang bakar membutuhkan waktu yang relative konstan baik pada putaran lambat maupun tinggi. Oleh karena itu, pada putaran tinggi saat pengapian harus dimajukan untuk memenuhi waktu pembakaran sehingga tekanan maksimum pembakaran tetap berada sekitar 100  setelah titik mati atas baik pada putaran rendah maupun tinggi.

Related : Sistem Pengapian Motor Bensin

1 Komentar untuk "Sistem Pengapian Motor Bensin"