3 Tipe Jenis Koil Pengapian

Terdapat tiga tipe utama koil pengapian yang umum digunakan pada sepeda motor, yaitu:
  • a.  Tipe Canister
Tipe ini mempunyai inti besi di bagian tengahnya dan kumparan sekunder  mengelilingi  inti  besi tersebut.  Kumparan  primernya berada di sisi luar kumparan sekunder. Keseluruhan komponen dirakit dalam satu rumah di logam canister. Kadang-kadang canister diisi  dengan oli  (pelumas) untuk  membantu meredam panas yang dihasilkan koil. Kontsruksi tipe canister seperti terlihat pada gambar 4.13 di bawah ini.

Gambar : Koil pengapian tipe Canister
  • b.  Tipe Moulded
Tipe   moulded   coil   merupakan   tipe   yang   sekarang   umum digunakan. Pada tipe ini inti besi di bagian tengahnya dikelilingi oleh kumparan primer, sedangkan kumparan sekunder berada di sisi luarnya. Keseluruhan komponen dirakit kemudian dibungkus dalam   resin   (damar)   supaya   tahan   terhadap   getaran   yang biasanya ditemukan dalam sepeda motor. Tipe  moulded coil  menjadi pilihan yang  populer sebab konstruksinya yang tahan dan kuat. Pada mesin multicylinder (silinder banyak) biasanya satu coil melayani dua busi karena mempunyai dua kabel tegangan tinggi dari kumparan sekunder.
gambar :pengapian tipe Moulded
  • c.  Tipe Koil gabungan (menyatu) dengan tutup busi (spark plug) 
Tipe  koil  ini  merupakan  tipe  paling  baru  dan  sering  disebut sebagai koil batang (stick coil). Ukuran besar dan beratnya lebih kecil dibanding tipe moulded coil dan keuntungan palng besar adalah koil ini tidak memerlukan kabel tegangan tinggi.

Gambar : Tipe koil pengapian yang menyatu dengan tutup busi

Related : 3 Tipe Jenis Koil Pengapian

0 Komentar untuk "3 Tipe Jenis Koil Pengapian"