Prinsip kerja Sistem Starter Elektrik

Motor Starter tidak dapat bekerja jika tidak ada sumber tenaga yang menggerakkannya. Sistem Starter adalah serangkaian komponen yang terkait satu sama lain untuk menghidupkan starter. dan Prinsip kerja Sistem Starter Elektrik adalah sebagai berikut meliputi ;

1) Saat Kunci Kontak Off
Hubungan sumber tegangan dengan rangkaian sistem starter terputus, tidak ada arus yang mengalir sehingga sistem starter tidak dapat digunakan.

2) Saat Kunci Kontak On
a) Kunci kontak posisi ON, tetapi tombol starter tidak ditekan.
Tombol starter tidak ditekan (posisi OFF) menyebabkan arus dari sumber tegangan (baterai) belum mengalir ke sistem starter sehingga sistem starter belum bekerja

b) Kunci kontak posisi ON dan tombol starter ditekan.
Apabila tombol starter ditekan (posisi START) pada saat kunci kontak ON, maka kemudian sistem starter akan mulai bekerja dan arus akan mengalir :
Baterai   ⇒ Sekering ⇒ Kunci Kontak (ON) ⇒ Kumparan Relay
Starter ⇒ Tombol Starter (START) ⇒ massa.
Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya kemagnetan pada kumparan relay starter sehingga menghubungkan arus utama starter dari baterai menuju ke motor starter. Motor starter mengubah arus listrik dari baterai menjadi tenaga gerak putar,
kemudian memutarkan poros engkol mesin untuk menghidupkan mesin.

Mekanisme Penggerak/Penghubung Sistem Starter
Motor  starter  tidak  terhubung  secara  langsung  dengan  poros engkol, melainkan dihubungkan melalui mekanisme penggerak/ penghubung. Tujuan mekanisme penghubung ini antara lain :

1) Meningkatkan     momen     putar     motor     starter     melalui perbandingan/reduksi roda gigi perantara, dan

2) Memungkinkan ditambahkannya mekanisme kopling satu arah yang akan melepaskan hubungan putaran motor starter dengan poros engkol setelah mesin hidup.

Terdapat  dua  jenis  mekanisme  penggerak/penghubung  motor starter pada sepeda motor, yaitu: 1) Mekanisme penghubung menggunakan  sprocket &  rantai  penggerak,  dan  2)  Mekanisme penghubung menggunakan roda gigi (gear).
Gambar . Mekanisme Penghubung Motor Starter Dengan Rantai

Mekanisme Kopling Satu Arah
Mesin akan mulai berputar karena digerakkan oleh motor listrik melalui perantaraan rantai starter atau roda gigi.
Agar setelah mesin hidup motor starter tidak ikut berputar pada rotor flywheel dipasangkan mekanisme kopling satu arah
Gambar . Konstruksi dan Kerja Kopling Satu Arah 

Related : Prinsip kerja Sistem Starter Elektrik

  • Prinsip-prinsip Sistem Hidrolik Pembelajaran memahami prinsip-prinsip sistem hidrolik alat berat  adalah  salah  satu  kompetensi dasar  yang  harus dikuasai  siswa ...
  • Cara Perawatan Motor 4 Tak Kalau sepeda motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! Padahal, biasanya kondisi itu terjadi akibat kita juga yang kurang merawat motor. Untuk menangani motor yang ser ...
  • Fungsi SISTEM PENGAPIAN (IGNITION SYSTEM) Sistem pengapian pada motor bensin berfungsi mengatur proses pembakaran campuran bensin dan udara di dalam silinder sesuai waktu yang sudah ditentukan yaitu pada akhir ...
  • Tipe penggerak kendaraan Setiap mobil didesain dengan posisi mesin dan sistem penggerak masing-masing, ada mobil yang memakai penggerak roda depan saja, ada yang memakai penggerak roda belakang ...
  • Pembagian Sistem Starter Sepeda Motor Secara Umum Sistem starter berfungsi memberikan tenaga putar bagi mesin untuk memulai siklus kerja mesin.dan sistem stater speda motor rebagi atas dua bagian yakni: 1)  Siste ...

0 Komentar untuk "Prinsip kerja Sistem Starter Elektrik"