Tak
- Tak dapat juga disebut dengan slag/stroke/langkah atau gerakan pada zulger motor. Artinya yaitu jarak langkah atau gerakan zulger (piston) didalam cylinder mulai dari yang paling atas (rata dengan cylinder blok) sampai dengan gerakan yang paling bawah. Batas gerakan zuiger (piston) yang paling atas biasanya disebut dengan titik mati atas disingkat TMA. Dan gerakan zuiger yang paling bawah kita sebut dengan Titik Mati Bawah disingkat TMB. Langkah yang sangat terbatas itu disebabkan oleh adanya kruk As yang menggerakkan Zuiger. Pergerakan Zuiger atau Piston dari TMA sampai TMB dan sebaliknya, maka gerak zuiger itu kita sebut TAK atau SLAG yang putaran Kruk As nya sebanyak 180 derajat (1/2 putaran).
Mesin 2 Tak
- Mesin dua tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston, berbeda dengan putaran empat-tak yang mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun keempat proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi. Mesin dua tak juga telah digunakan dalam mesin diesel, terutama rancangan piston berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar, dan mesin V8 untuk truk dan kendaraan berat lainnya.
- Mesin empat tak (Four stroke engine) adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
Perbedaan desain mesin 2 tak dengan mesin 4 tak
- Pada mesin dua tak, dalam satu kali putaran poros engkol (crankshaft) terjadi satu kali proses pembakaran sedangkan pada mesin empat tak, sekali proses pembakaran terjadi dalam dua kali putaran poros engkol.
- Pada mesin empat tak, memerlukan mekanisme katup (valve mechanism) dalam bekerja dengan fungsi membuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan, sedangkan pada mesin dua tak, piston dan ring piston berfungsi untuk menbuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan.
Pada awalnya mesin dua tak tidak dilengkapi dengan katup, dalam perkembangannya katup satu arah (one way valve) dipasang antara ruang bilas dengan karburator dengan tujuan :
- Agar gas yang sudah masuk dalam ruang bilas tidak kembali ke karburator.
- Menjaga tekanan dalam ruang bilas saat piston mengkompresi ruang bilas.
- Lubang pemasukan dan lubang pembuangan pada mesin dua tak terdapat pada dinding silinder, sedangkan pada mesin empat tak terdapat pada kepala silinder (cylinder head). Ini adalah alasan paling utama mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.
0 Komentar untuk "pengertian 2 Tak dan motor 4 Tak dan perbedaannya"