BERIKUT ADALAH KOMPONEN UTAMA PADA KOPLING;
• Roda Penerus
Selain sebagai penstabil putaran motor,roda penerus juga
berfungsi sebagai dudukan hampir seluruh komponen kopling.
• Pelat Kopling
Kopling berbentuk bulat dan tipis terbuat dari plat baja
berkualitaas tinggi. Kedua sisi plat kopling dilapisi dengan bahan yang
memiliki koefesien gesek tinggi.
Bahan gesek ini disatukan dengan plat kopling dengan
menggunakan keling(rivet).
• Pelat Tekan
Pelat tekan kopling terbuat dari besi tuang.pelat tekan
berbentuk bulat dan diameternya hampir sama dengan diameter plat kopling. salah
satu sisinya (sisi yang berhubungan dengan plat kopling) dibuat halus, sisi ini
akan menekan plat kopling dan roda penerus, sisi lainnya mempunyai bentuk yang
disesuaikan dengan kebutuhan penempatan komponen kopling lainnya.
• Unit Plat Penekan
Sebagai satu kesatuan dengan plat penekan, pelat penekan
dilengkapi dengan sejumlah pegas spiral atau pegas diaphragma. tutup dan tuas
penekan. Pegas digunakan untuk memberikan tekanan terhadap pelat tekan, pelat
kopling dan roda penerus. jumlah pegas (kekuatan tekan) disesuikan dengan besar
daya yang harus dipindahkan.
Mekanisme Penggerak
Komponen penting lainnya pada kopling ialah mekanisme
pemutusan hubungan (tuas tekan). mekanisme ini di lengkapi dengan bantalan
bola, bantalan bola diikat pada bantalan luncur yang akan bergerak maju/mundur
pada sambungan.
Bantalan bola yang dilengkapi dengan permukaan tekan akan
mendorong tuas tekan.
Rumah Kopling
Rumah kopling terbuat dari besi tuang atau aluminium. rumah
kopling menutupi seluruh unit kopling dan mekanisme penggerak. rumah kopling
umumnyamempunyai daerah terbuka yang berfungsi sebagai saluran sirkulasi udara.
1 Komentar untuk "Komponen Utama Kopling"
terimakasihh sangat membantuu buat tugas saya